Wisata Danau Tempe, Danau Purba di Pulau Sulawesi

oleh

Wisata Danau Tempe, Danau Purba di Pulau Sulawesi – Ada sebuah danau dengan nama yang unik, yaitu Danau Tempe. Danau ini adalah danau terbesar kedua di Pulau Sulawesi. Nama ‘Tempe’ untuk danau ini masih tidak diketahui dari mana asal-usulnya kok diberi nama Danau Tempe, tapi yang jelas tidak ada hubungannya dengan makanan tempe ya.

Wisata Danau Tempe, Danau Purba di Pulau Sulawesi
Sumber Google Images

Luas danau Tempe ini mencapai 13.000 hektar dan menempati urutan ke 8 dari 10 danau terbesar di Indonesia. Letaknya di Sulawesi Selatan dan dikelilingi 3 kabupaten yaitu Kabupaten Sidrap, Kabupaten Soppeng, dan Kabupaten Wajo. Danau ini termasuk ke dalam golongan danau tektonik purba

Benturan Lempeng Bumi
Sebenarnya, jaman dulu Danau Tempe adalah perairan yang menghubungkan Makasar, Teluk Bone dan Teluk Pare-Pare. Artinya danau ini adalah sebuah perairan yang memisahkan Pulau Sulawesi bagian utara dan bagian selatan. Diperkirakan danau ini terbentuk pada akhir jaman es (20.000-10.000 tahun S.M) yaitu saat daratan es mulai mencari dan terjadi kenaikan air laut.

Perairan ini disebut sebagai Danau Tempe Purba.

Wisata Danau Tempe, Danau Purba di Pulau Sulawesi
Sumber Google Images

Kemudian pada Jaman Alluivium atau Jaman Halosen Tua (sekitar 10.000-6.000 tahun S.M.) terjadi proses geologis yaitu bergesernya lempeng tektonik. Selain itu juga terjadi benturan antara Lempeng Australia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan daerah sekitar Danau Tempe Purba terangkat.

Akibat terjadinya pengangkatan daratan Danau Tempe Purba kemudian menjadi 3 bagian perairan, yaitu Danau Buaya, Danau Sindenreng, dan Danau Tempe. Aktivitas alam masih terjadi dan berlanjut hingga saat ini dan mengubah Danau Tempe Purba menjadi Danau Tempe yang seperti sekarang ini.